Jumat, 10 Juni 2016

F.A.Q Seputar Facebook Ads Dan F.A.Q Seputar Teespring

F.A.Q Seputar Facebook Ads

Sebaiknya akun FB Ads kita pilih Pacific atau Jakarta? Sebaiknya akun FB Ads kita pembayarannya dengan Dollar atau Rupiah?
Tidak masalah. Dua2nya bisa. Pacific atau Jakarta bisa. Mengenai Dollar atau Rupiah, tergantung Anda lebih nyaman mana. Tidak ada pengaruhnya dengan iklan dan campaign Anda.

Bagaimana cara pembayaran FB Ads?
Kita bisa membayar iklan di Facebook dengan mentransfer dana melalui ATM. Bisa juga menggunakan kartu kredit atau Paypal.

Apakah bisa kita memasarkan iklan tanpa Fanpage Facebook?
Tidak bisa. Syarat iklan  harus ada fanpage. Fanpage gampang banget kok dibuat. Pernah dicoba, sekali tarik nafas, bisa selesai buat satu fan page. Nonton Video-3 untuk cara membuat fanpage.

Apakah ada pengaruh antara fanpage yang banyak konten dan minim konten terhadap iklan yg kita buat dengan kondisi design produk kita sudah sangat disukai audience?
Saya sering menjual design dengan fanpage yang tidak ada konten sama sekali. Jadi tidak usah pusingin konten fanpage kalau Anda mau jual kaos. Setelah fans Anda terkumpul banyak di fanpage itu, barulah mulai isi dengan konten2 yang relevan.

Apakah fanpage baru dengan jumlah like yg masih sedikit dan konten yg masih minim berpengaruh terhadap performa iklan yg akan diluncurkan?
Jawabannya sama dengan di atas. Walaupun saya percaya, semakin banyak konten berkualitas kita di fanpage, akan mendukung performa iklan kita juga (tentu saja Facebook akan mensupport orang yang memberikan value ke usernya). Tapi 95% saya menjual design kaos tanpa konten di fanpage. Setelah likes terkumpul dengan sendirinya (dari hasil iklan), baru saya bina dan bangun konten di fanpage nya.

Apakah orang akan percaya kalau like di page kita masih dikit?
Percaya kok. Karena Anda jual produk di Teespring. Teespring sudah bagus namanya di US. Jadi Anda tidak perlu kuatir tentang trust.
Saya tidak pernah menjalankan iklan likes. Likes di page saya bisa puluh ribuan itu adalah “efek samping” dari iklan. hehe

Bagaimanakah cara penentuan nama fanpage yg baik? Apakah lebih general (misalnya : Cool Tees) ataukah lebih spesifik sesuai dgn niche nya (misalnya : Cat lovers, Camping Ranger)?
Buat satu fan page untuk satu niche. (Nama sesuai niche, misalnya Cat Lovers, dll)

Berapa modal awal untuk testing di market luar?
Saya selalu mulai dari $5 atau $10 untuk satu design. Baru perlahan2 kembangkan dari sana.

Apakah iklan CTW bisa langsung mendirect audience ke URL page kaos kita di Teespring?
Bisa.

Apakah URL produk kita di web juga dipasang pixel oleh Teespring?
Iya, semua halaman Teespring kita ada dipasang pixel. Kita cukup menaruh Pixel ID kita di bagian setting (gampang banget). Seterusnya, setiap kali launch design baru, pixel kita  otomatis terpasang.

Bagaimana cara targeting yang baik?
Target jangan yang terlalu broad. Juga jangan terlalu kecil audience nya. Pikirkan kira2 website apa / interest apa yang akan di-like oleh niche tertentu, yang tidak akan di-like orang lain pada umumnya. Saya ada jelaskan ini di Video-3.

Kalau dulu penjualan Piday bisa pake full PPE, namun dengan algoritma Facebook yang baru sekarang untuk penjualan optimalnya menggunakan Campaign Objective apa?
Sekarang saya masih menggunakan PPE untuk testing design. CTW untuk mendirect traffic. WC untuk scaling.
PPE masih bisa digunakan untuk scaling jika design/produk Anda wah atau trending banget.

Bagaimana cara pematangan pixel?
Ini butuh pembahasan khusus. Tapi intinya semakin sering pixel Anda ditrigger, semakin matang pixel Anda. Cara trigger pixel, bisa dengan mendatangkan pengunjung ke website Anda, apalagi kalo terjadi AddtoCart dan Purchase di website, lebih bagus lagi.

Bagaimana tata cara scale up yang benar?
Scaling itu bisa Scale Up dan Scale Out. Biasa saya mengajarkan di workshop dan Video Course bahwa scaling sebaiknya dilakukan dengan perlahan di awal. Jangan langsung hantam budget, melainkan pelajari dan analisa reportnya. Biarkan iklan berjalan 2-3 hari setelah Anda menaikkan budget untuk menganalisa performance nya.

Sebaiknya menggunakan Power Editor atau Ads Manager?
Saya lebih suka menggunakan Power Editor, lebih cepat dan gampang. Ads Manager biasa saya gunakan untuk membaca report aja.

Boleh buatin cara mendaftar video Paypal atau Payoneer
Kalau waktu mengizinkan, saya akan coba buatkan.

Waktu yang tepat untuk jalanin iklan di market USA jam berapa ya?
Biasa saya mulai iklannya di jam 6 AM Pacific Time. Tapi ga harus tepat di waktu ini, asalkan pagi nya US aja dah okay.





F.A.Q Seputar Teespring

Apakah sebagai member platform Teespring kita hanya perlu mendesign saja? Bagaimana cara menghubungkan Teespring dengan FB Ads?
Setelah Anda launch design di Teespring, Anda akan mendapatkan satu link untuk design Anda, misalnya: teespring.com/nurseday
Setelah itu, Anda perlu iklankan design Anda menggunakan Facebook Ads dan sertakan link teespring.com/nurseday
Orang yang melihat iklan Anda, jika mereka tertarik, akan klik link tersebut dan masuk ke website Teespring yang menunjukkan design Anda.
Kalau ada yang order, maka Teespring yang akan mengurus orderan, pembayaran, dan pengiriman. Bahkan customer service kalo customer mau telepon nanya.
Jadi intinya, kita hanya fokus design dan marketing saja.

Nominal profit berapa? Dan bagaimana cara mendapatkan profit?
Contoh, harga dasar satu t-shirt di Teespring adalah $9. (Ini adalah biaya yang harus kita bayar ke Teespring per setiap produksi kaos)
Kita bisa jual dengan harga $23.
Maka profit bersih kita per kaos adalah $23 - $9 = $14 dollar

Kapan dan kemana Teespring mengirimkan profit yang kita dapatkan?
Teespring akan mengirim profit setelah campaign kita berakhir (misalnya 7 hari).
Anda bisa mendaftar Paypal dan Payoneer untuk menerima profit Anda dari Teespring.

Apakah ide competitor yang sudah sukses terlebih dahulu bisa berprospek dijadikan idea campaign kita?
Bisa banget. Apalagi kalo pasar di niche itu besar.

Bagaimana menemukan designer yang tepat?
Anda bisa meminta portfolio nya dulu, kemudian berikan dia satu design untuk tes. Dengan begitu Anda bisa mengetahui hasil karya dan etos kerjanya. Kalo tidak cocok, test lagi designer berikutnya dengan cara yang sama.

Bagaimana cara kita mengetahui variasi kategori di Teespring sedangkan yang dimunculkan di halaman depan kebanyakan kategori popular saja, apakah kategori lain ada prospeknya?
Teespring memang cuma menunjukkan kategori popular di halaman depan.
Kalau Anda punya idea niche yang tidak ada di kategori, bisa lakukan search di Teespring dengan memasukkan keyword Anda.
Tentu saja kategori lain ada prospek nya.

Apakah kita menentukan niche dulu dilanjutkan dengan penyesuain design atau menentukan design dulu baru penyesuain niche nya?
Bisa dua2nya. Kalo memang sudah ada keputusan mau masuk niche apa, maka kita cari ide2 design yang berdasarkan niche itu.
Kalau belum putuskan mau main di niche apa, maka cari dulu random idea design, baru coba ke niche nya.

Apakah topic-topic non trending seperti hobby (tennis, soccer, biker) mempunya prospek besar untuk launch?
Tentu saja. Kita tidak harus selalu mencari design yang trending.

Bagaimana contoh copywriting di iklan agar orang bisa langsung mengarah ke Teespring dan tidak banyak tanya jawab di fanspage?
Contoh copywriting
[NURSE DAY T-SHIRT]
Get yourself or your family this tee to celebrate Nurse Day
Click here to get yours => teespring.com/nurseday
Jarang banget orang nanya di fanspage, kebanyakan mereka komen suka atau tidak, atau tagging teman.
Kenapa? Karena Teespring sudah punya nama di USA, jadi kebanyakan orang jg sudah kenal dengan company nya. Kalo mereka lihat design bagus, mereka akan langsung beli, tanpa tanya jawab lagi di fanspage.

Catatan:
FAQ akan ditambah jika ada pertanyaan tambahan di post pertanyaan di page Albert Leonardo
=>https://www.facebook.com/albert.leo...
Pertanyaan seputar Facebook Ads akan dijawab setelah video ke 3.

Nonton video 1 di =>
https://www.facebook.com/albert.leo...
Nonton video 2 di =>
https://www.facebook.com/albert.leo...


1 komentar:

  1. Keren Gan.. Jadi nambah ilmu ni..
    https://marketerteespring.blogspot.co.id/

    BalasHapus